10 Pantangan Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Salah satu dari penyebab tubuh kita mengalami gangguan kesehatan dikarnakan kandungan kadar kolesterol jahat yang cukup tinggi, hal ini pada umumnya diakibatkan oleh konsumsi asupan makanan dan minuman yang tidak sehat ( banyak mengandung kolesterol jahat ) kedalam tubuh kita setiap harinya. Pada hakikatnya tubuh manusia memproduksi kolesterol untuk membangun jaringan sel tubuh. Kolesterol sendiri terbagi menjadi 2 jenis yakni kolesterol baik (HDL) yang dibutuhkan tubuh serta kolesterol jahat (LDL) yang mampu menimbulkan masalah kesehatan seperti gangguan penyakit jantung, stroke, aterosklerosis,dll. Dan masalah mulai terjadi ketika kadar kolesterol LDL menjadi berlebih sedangkan kolesterol baik / HDL cukup sedikit sehingga tidak mampu melawannya.

Seperti apa yang sudah dijelaskan informasi diatas yang mana salah satu penyebab terbesar dari terserangnya seseorang dari penyakit kolesterol tinggi ini adalah dikarnakan faktor gaya hidup dan asupan makanan yang dijalani tiap harinya. Jika anda sudah terlanjur terkena kolesterol tinggi ataupun belum dan ingin untuk menghindari serta memperkecil resiko bahayanya ada baiknya untuk mengkonsumsi obat herbal kolesterol tinggi serta menjauhi makanan pantangan bagi penderita kolesterol dibawah ini.

10 Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi Yang harus Dihindari :

  • Makanan yang terbuat dari daging merah (daging sapi, daging babi, daging kuda). Makanan olahan yang terbuat dari daging ini seperti sate, sosis, bakso, steak, abon, dendeng daging sapi, kornet dll.
  • Hindari makanan banyak mengandung santan ataupun kaldu yang terbuat dari kuah daging seperti soto betawi, masakan padang yang bersantan.
  • Makanan yang termasuk jenis seafood meskipun sangat digemari namun didalamnya banyak kandungan kolesterol jahatnya seperti udang, kepiting, rajungan, kerang, cumi, ikan sarden serta teri.
  • Olahan makanan dari bahan Jeroan seperti usus goreng, rendang limpa, gulai cincang, gulai otak.
  • Telur burung puyuh juga memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi yakni sekitar 3640mg /10 gr .
  • Makanan yang dimasak dan diproses dengan cara digoreng dikarnakan minyak goreng ataupun margarin mampu memicu kolesterol tinggi.
  • Sayur-sayuran, meskipun agar kesehatan tetap terjaga kita dianjurkan untuk lebih sering mengkonsumsi sayur akan tetapi ada beberapa jenis sayuran yang harus dijauhi karena dapat meningkatkan kadar kolesterol didalam darah seperti sayur kembang kol, asparagus, daun singkong, sayur sawi dan juga jamur kuping.
  • Melinjo dan kacang tanah juga dapat berperan membahayakan kesehatan anda ditandai dengan naiknya kadar kolesterol setelah mengkonsumsinya.
  • Makanan dan minuman produk olahan yang terbuat dari susu baik seperti keju, es krim, susu full krim, dll.
  • Telur ayam, kolesterol paling banyak terdapat pada kuning telurnya yang mengandung 2000 mg setiap 100 gr nya.
Baca Juga  Obat Kanker Otak Tradisional Alami Paling Ampuh dari Tumbuhan Herbal

Penyakit kolesterol tinggi tidak hanya mengancam bagi orang yang mengalami obesitas ataupun gemuk saja, bahkan orang yang kurus pun dapat terkena penyakit ini terlebih pada orang yang telah berumur dan ditandai dengan rasa tidak nyaman seperti pegal atau sakit pada bagian tengkuk dibelakang kepala. Menerapkan pola hidup sehat dapat menghindarkan anda dari bahaya penyakit kolesterol jahat ini dan seringlah melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *