Kandungan gizi pada gurita yang dapat menyehatkan tubuh

Gizi pada gurita

Di Indonesia memang masih belum banyak restoran atau rumah makan yang menyediakan menu gurita sebagai hidangan utamanya. Akan tapi hewan laut yang memiliki banyak tentakel ini tidak sedikit yang menyukainya, bahkan ada yang menjadikannya makanan favorit. Gurita memang sekilas dianggap mirip dengan cumi-cumi, namun terdapat perbedaan di rasa serta teksturnya pun sangat berbeda. Selain itu ternyata gurita juga memiliki kandungan gizi yang banyak yang dapat memberikan kesehatan pada tubuh kita.

Berikut kandungan gizi yang terdapat pada gurita.

1. Sumber Vitamin dan Mineral

kandungan gizi yang pertama yang terdapat pada gurita adalah sebagai sumber vitamin dan mineral. Gurita merupakan salah satu makanan yang merupakan sumber kalsium, kalium, fosfor, dan selenium. Selain itu gurita juga mengandung beberapa vitamin penting yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin C, A, beberapa vitamin B, serta beberapa asam lemak omega-3. Sekedar info asam lemak oega-3 merupakan nutrisi penting yang dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung, kanker, depresi. Serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu dalam perkembangan fungsi otak.

2. Rendah Kalori dan Lemak

kelebihan dari gurita yang kedua adalah rendah kalori dan rendah lemak. Gurita adalah seafood yang memiliki kadar kalori dan lemak yang cukup rendah, sehingga sangat cocok untuk dimasukan ke dalam menu diet yang menyehatkan. Dalam tiap porsinya (3 oz atau 85 gram) gurita hanya mengandung sekitar 140 kalori dan 1.8 g lemak. Meskipun demikian, gurita mengandung zat besi yang tinggi yang sangat baik untuk kesehatan.

3. Zat Taurin

kandungan menyehatkan terakhir yang terdapat pada gurita adalah zat taurin. Gurita mengandung zat taurin, yaitu senyawa asam organik yang bertindak sebagai antioksidan dan dapat melindungi tubuh dari bahayanya radikal bebas. Zat Taurin juga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Beberapa hasil penelitian juga menghubungkan dengan kadar gula darah yang lebih baik, namun hal ini juga memerlukan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga  Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Nah itu lah beberapa manfaat dari gurita yang dapat memberikan kesehatan bagi tubuh kita, bagi anda para pencita seafood, anda bisa memasukan gurita sebagai menu makanan seafood kesukaan nada. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *